Total Tayangan Halaman

Jumat, 12 November 2010

Profesi operator CCTV

 Saya adalah salah seorang operator cctv pada sebuah hotel  ternama di jakarta.
Dulu CCTV hanya sebagai data back up (jika data diperlukan, tinggal play back) yang menjadi pelengkap security ataupun IT.
 Setelah banyak kejadian di Indonesia (Bom hotel mariot, perampokan bank niaga), CCTV hanya dapat merekam kejadian itu saja. Dikarenakan CCTV itu sendiri tanpa adanya seorang operator. Tempat\tempat yang mempunyai CCTV hanya memberikan Sign, untuk menakuti ataupun shick terapy bagi para pelaku. Spt gambar CCTV ataupun tulisan ada CCTV, anda diawasi oleh CCTV dan sbgnya.
 Sekarang CCTV menjadi sarana dalam hal preventif yang membutuhkan seorang operator yang awas dan mengetahui apa yang harus di lakukan jika terjadi sesuatu yang dapat menimbulkan kejahatan ataupun merugikan perusahaan.
 Idealnya CCTV operator berdiri sendiri tidak di bawah Security melainkan bekerjasama dengan security karena banyak kejadian terjadi karena lemahnya security itu sendiri dan    CCTV operator membuat report kepada yang bertanggung jawab untuk operasional perusahaan secara keseluruhan.
 Selain sebagai alat pengamana preventif juga dapt sebagi perpanjangan tangan dari management dalam mengawasi karyawannya.
 Sayangnya di indonesia belum ada training khusus tentang bagaimana seorang operator itu, sepeti yang ada di luar negeri. www.cctvusergroup.com menyajikan banyak hal tentang operator CCTV.
 Saya disini mengajak semua CCTV operator membangun sebuah komunitas yang bertujuan agar CCTV operator menjadi sebuah profesi bukan pelengkap.

Tidak ada komentar: